Kenali 5 Perilaku Hewan Saat Bencana Alam Bakal Datang


Sudah sejak lama diyakini bahwa jenis-jenis binatang tertentu memiliki kemampuan untuk memprediksi akan datangnya bencana.

Ditandai dengan perilaku aneh binatang, sebelum bencana itu datang. Kini, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa klaim itu ternyata benar. Berikut 5 binatang yang memiliki kemampuan itu.

1. Burung Golden-Winged Warblers dan Angin Tornado

Artikel yang diterbitkan dalam Journal Current Biology, sekelompok peneliti dari University of California, Berkeley, menemukan fakta bahwa burung pengicau Golden WInged Warblers ternyata mampu merasakan akan datangnya angin tornado.

Hal ini diketahui ketika terjadinya tornado dahsyat yang menewaskan 35 orang di Tennnessee pada April 2014 lalu. Burung-burung ini sudah pergi meninggalkan tempat akan terjadinya bencana 24 jam sebelum bencana itu datang.

2. Kucing sanggup prediksi gempa bumi

Ketika terjadi gempa 9 SR di Jepang pada 2011 lalu, peneliti Hiroyuki Yamauchi dari National Tsing Hua University melakukan penelitian bagaimana kucing bereaksi terhadap gempa bumi.

Penelitian itu menemukan bahwa enam hingga beberapa hari sebelum gempa bumi mengguncang, ternyata kucing sudah menunjukan perilaku aneh. Beberapa kucing menunjukan kondisi stres, gemetar dan gelisah.

3. Sapi dan gempa bumi

Hiroyuki Yamauchi juga menemukan fakta bahwa sebelum terjadi gempa dahsyat, sapi-sapi di Jepang menunjukan perilaku aneh.

Produksi susu sapi menurun drastis beberapa hari sebelum gempa. Mereka memprediksi bahwa ini merupakan dampak dari kondisi sapi yang stres akibat merasakan gejala aneh dari aktivitas alam.

4. Lebah dan hujan

Pernahkah anda memperhatikan bahwa lebah tidak akan ditemukan tengah terbang beberapa saat menjelang turun hujan? Mereka sanggup merasakan perubahan kelembapan udara di atmosfer sehingga mereka tahu bahwa hujan akan segera turun.

5. Kumbang dan cuaca

Kumbang akan berkelompok bersama kumbang lainnya sebelum datangnya serangan udara atua cuaca panas. Hal ini mereka lakukan untuk mempertahankan kelembaban tubuh mereka supaya tidak mengering akibat cuaca sangat panas.

Komentar