Bontang City Carnaval Bertabur Cahaya ( #HBDBontang - #Bontang16 )

MERIAH: Kepala Disbudpar memberi keterangan saat menggelar konferensi pers, kemarin.

Meriahnya Rangkaian HUT Bontang ke-16

Mendekati penghujung tahun ini berbagai agenda kebudayaan dari pariwisata digelar di Bontang. Salah satu yang dinanti adalah Bontang City Carnival (BCC). Kali ini, agenda tahunan itu dikemas berbeda.



HAL itu diungkapkan Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Bontang Yuliati Nur. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rangkaian HUT ke-16 Pemkot Bontang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini BCC akan digelar di malam hari. Hal tersebut menjadi salah satu inovasi Disbudpar selaku penyelenggara.

“Kita ingin menampilkan sesuatu yang baru. Salah satunya adalah waktu pelaksanaan,” kata Yuliati saat menggelar konferensi pers, Kamis (15/10) kemarin.

Kegiatan yang digelar di malam hari ini diharapkan dapat lebih semarak. Sebab kendati tidak diwajibkan, namun diprediksi para perserta akan bertabur lampu hias.

“Tema BCC tahun ini adalah Pelangi Budaya Nusantara. Kenapa tema itu yang dipilih, karena Bontang merupakan miniaturnya Indonesia, tempat dimana banyak budaya berbaur di kota ini,” terangnya.

Hingga pendaftaran dibuka, dia mengatakan sudah 2.085 peserta yang siap berpartisipasi. Rincinya, 43 tim peserta defile dan 43 tim dari mobil hias. Carnaval ini akan dilaksanakan pada Sabtu (17/10) malam.

“Kemungkinan masih ada peserta tambahan. Untuk defile kami batasi setiap tim berjumlah 15 orang. Sedangkan untuk mobil hias sebanyak 6 orang,” jelasnya.

Setiap peserta diberi kebebasan untuk mengkreasikan budaya masing-masing. Yang terpenting tidak menghilangkan identitas budaya itu sendiri.

“Misalnya, baju adat dikreasikan dengan seni modern. Kreatifitas itulah yang akan dinilai oleh juri,” ujarnya.

Dia membeber bahwa total hadiah yang disediakan untuk pemenang hingga Rp 40 juta. Panitia juga sudah memilih juri dari kalangan universitas, dan dari provinsi Kaltim.

“Selain hiburan bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami harap dapat mengenalkan budaya, dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bontang.

Katanya, selain BCC, ada beberapa agenda yang digelar Disbudpar dalam rangkaian HUT Pemkot Bontang. Diantaranya, Pencatatan rekor Gammi Bawis, Erau Pelas Benua Guntung, Tarian Pelangi Nusantara, Bontang City Expo.

“Untuk Bontang City Exspo pada Minggu (18/10) nanti kegiatan akan diisi dengan artis ibu kota, yakni Wali Band dan Jenita Jannet. Kemudian di Bulan November nanti akan digelar Pesta Laut,” pungkasnya.
Via : Bontang Post

Komentar